Mendengar
kata E-Commerce sudah tidak asing pada zaman sekarang ini. E-Commerce atau
dikenal dengan Online shop ini sangat berkembang didunia maupun Indonesia. Kemajuan
teknologi merupakan factor utama dalam perkembangan e-commerce/online shop saat
ini. saat ini masayarakat dunia tak terkecuali Indonesia lebih memilih
e-commerce dibandingkan membeli secara langsung, walaupun tidak semua memilih
e-commerce sebagai panutan dalam berbelanja. Banyak factor yang membuat
masyarakat lebih memilih online shop sebagai metode belanja, Menurut
Nuna.web.id, ada 5 kelebihan Anda berbelanja secara online bagi Anda penggemar
belanja. Ini dia ulasannya
1. Waktu dan tempat yang fleksibel
Jika
dibandingkan dengan berbelanja ke mall atau toko biasa, berbelanja secara
online jauh lebih fleksibel. Anda bisa melihat berbagai produk dalam sekali
klik kapan pun dan di mana pun Anda berada, tanpa peduli hujan badai sedang
terjadi di luar.
2. Harga terbaik
Harga
terbaik bisa Anda dapatkan melalui online shopping sebab Anda bisa masuk dan
keluar dari satu website ke website lainnya tanpa ragu dan kesulitan. Anda bisa
membandingkan harganya sehingga harga terbaik bisa Anda peroleh dengan mudah.
3. Tidak perlu berdesak-desakkan
Ini
nih yang biasanya dibenci para penggila belanja saat harus berperang di medan
diskonan. Di media online, Anda tidak perlu berbelanja sambil
berdesak-desakkan. Anda cukup duduk manis di depan gadget atau komputer Anda
sambil menyusuri halaman web.
4.Pilihan jenis barang
Keuntungan
ini adalah hal yang paling menonjol dari online shopping. Anda dapat memilih
jenis barang sekalipun barang tersebut belum pernah Anda lihat sebelumnya.
Karena ini, biasanya Anda bisa menjadi trendsetter di daerah Anda.
5.
Privasi
Ada
sebagian orang yang tidak ingin memperlihatkan barang belanjaannya kepada orang
lain. Nah, dengan melakukan online shopping, Anda akan mendapatkan privasi
penuh. Tidak akan ada orang yang tahu barang yang Anda beli kecuali Anda
sendiri.\
Disamping
ada kerugian tentunya ada kerugian dari e-commerce, diantaranya:
1.
Barang tidak bisa dicoba
Bila
berbelanja pakaian terutama baju ataupun yang lainnya nggak bisa kita coba.
Tapi biasanya toko online menyediakan ukurannya. Kita harus memperhatikan
ukuran yang tertera di toko online tersebut. Tidak bisa memegang kainnya,
bagaimana kehalusan kainnya dsb.
2.
Kualitas barang tidak sesuai
Dalam
website toko online yang di pajang adalah foto/gambar barak yang di jual.
Kesamaan barang hasil foto/gambar dengan yang kita lihat di monitor tidak bisa
100% sama. Mungkin kesamaan dengan barang yang asli hanya 75-90% saja. Hal itu
di pengaruhi dari efek pencahayaan dan monitor komputer pembeli.
3.
Ongkos Kirim Mahal.
Tentunya
barang yang kita beli tidak serta merta langsung dapat kita ambil. Pemilik toko
online masih memerlukan jasa pengiriman. Dan yang menentukan biaya kirim barang
adalah pemilik jasa pengirimaan barang seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan
sebagainya
4.
Resiko Penipuan
Hati-hati
kita terhadap toko online yang Cuma menipu. Pastikan wbsite tempat belanja
online terpercaya. Resikonya: uang sudah ditransfer tapi barang tidak di kirim
dan gak pernah dikirim selamanya.
Sharing
pengalaman E-Commerce/Online Shop
Dulu
saya pernah berbelanja online, saat itu saya membeli jersey bola dari salah
satu teman saya dan hasilnya cukup memuaskan. Kenapa? Karena pada saat itu
harga yang diberikan cukup murah dan barangnya pun sampai tepat waktu. Barang yang
dikirim pun sesuai dengan pesanan saya. Itu pengalaman saya, jika anda tertarik
dengan online shop anda bisa mencobanya. Tetapi, anda juga harus tetap
berhati-hati terhadap banyaknya penipuan-penipuan pada online shop. Sekarang balik
lagi ke diri anda masing-masing lebih memilih online shop atau belanja langsung
Sumber:
- http://basawa.blogspot.com/2012/06/keuntungan-kerugian-belanja-online.html
- http://www.merdeka.com/gaya/5-kelebihan-online-shopping-bagi-penggila-belanja.html