a) Pengertian Media Promosi
Media
adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi
atau pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari
kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti
"perantara" atau "pengantar", yaitu perantara sumber pesan
(a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang
lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan
dari komunikator kepada khalayak. Sedangkan Promosi merupakan salah satu bagian
dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang.
Media
Promosi adalah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu
produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat
lebih luas. Dimana dengan promosi ini diharapkan seseorang bisa mengetahui,
mengakui, memiliki, dan mengikatkan diri pada suatu
barang/jasa/produk/image/perusahaan yang menjadi sasarannya. Salah satu bagian
penting dari promosi adalah menentukan media promosi yang paling tepat.
Misalnya Surat Kabar, Televisi, Radio, Majalah, dan lain-lain. Tentunya
media-media promosi tersebut mempunyai kekurangan serta kelebihan. Berikut
beberapa media promosi beserta kekurangan dan kelebihannya :
Secara umum tujuan dari
promosi penjualan :
·
Meningkatkan permintaan dari para pemakai
industrial dan/atau konsumen akhir.
·
Meningkatkan kinerja perusahaan.
·
Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan
personal selling dan iklan.
b) Contoh Media Promosi
Banyak
cara untuk melakukan promosi, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media
promosi cetak. Misalnya,
1.
Televisi
Media
televisi adalah media yang paling termasyhur di antara media-media lainnya. Hal
ini dikarenakan media televisi adalah media yang paling efektif dalam menyampaikan
pesan. Pesan yang disampaikan melalui media televisi akan diwujudkan dalam
bentuk audio (suara) dan visual (gambar). Perpaduan audio dan visual
tersebutlah yang menjadikan seseorang lebih tertarik untuk menonton televisi
dibandingkan dengan mengkonsumsi media-media lainnya.
Penyampaian
pesan melalui gambar gerak dan audio yang mendukung juga menjadikan pesan lebih
mudah tersampaikan. Masyarakat pun akan lebih mudah mencerna pesan-pesan yang
diterima melalui media televisi. Kekurangan dari mempromosikan produk bisnis
anda melalui media televisi antara lain adalah harganya yang relatif mahal. Ya,
beriklan di televisi paling tidak menghabiskan jumlah hingga ratusan juta pada
setiap detiknya. Berminat?
2.
Website
Majunya
media internet membuat website semakin diminati oleh masyarakat untuk
mempromosikan produk bisnisnya. Melalui website, anda bisa mengiklankan produk
bisnis lengkap dengan spesifikasi dan kelengkapan informasinya. Pada website,
anda bisa mengiklankan atau mempromosikannya melalui website pribadi, yang
memang sengaja dirancang khusus sebagai media promosi dari produk bisnis anda,
ataupun website orang lain yang memiliki traffic yang cukup padat. Jika anda
memilih website orang lain sebagai media promosi, anda dapat mengemas promosi
dalam bentuk iklan yang muncul di halaman website orang lain tersebut.
3.
Jejaring sosial
Maraknya
media internet yang terus mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam
jejaring sosial menjadi sebuah media komunikasi yang tak kalah penting
keberadaannya. Jejaring sosial kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan
sesuatu baik yang sifatnya pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis
sekalipun. Anda dapat mempromosikan barang atau jasa yang anda tawarkan melalui
jejaring sosial kepada khalayak umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring
sosial Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan lain sebagainya.
c) Komentar Mengenai Media Promosi
Di
era globalisasi ini teknologi merupakan hal yang tak asing bagi manusia. Hampir
setiap orang menggunakan teknologi. Baik untuk sebuah komunikasi ataupun untuk
kepeluan bisnis sekalipun. karena apapun dapat dilakukan dengan teknologi.
Kemajuan teknologi ini menurut saya tentunya memberikan efek tersendiri bagi
manusia. Dari mulai memberikan efek positif maupun memberikan efek negatif.
Misalnya untuk keperluan bisnis, perusahaan menggunakan teknologi untuk
promosi. Penggunaan media sosial dan website mempunyai peranan penting dalam
media promosi karena penggunaan internet di Indonesia sudah mulai merata.
Meskipun masih terdapat beberapa kota-kota khususnya daerah pedalaman yang
sulit mengakses internet. Namun, Indonesia terus berusaha memberikan
pemerataan. Bisa dilihat dari perkembangan pengguna internet diindonesia pada
grafik dibawah ini.
Berdasarkan data diatas yang didapat dari APJII pengguna
internet diindonesia berkembang pesat disetiap tahunnya. Pada tahun 2015,
pengguna internet diindonesia sudah mencapai angka 139 jutaan penduduk dari 260
jutaan. Itu menandakan kurang lebih 50% penduduk Indonesia sudah menggunakan
internet. Karena itu, media promosi internet seperti website dan jejaring
sosial menjadi media yang cukup efektif bagi perusahaan yang ingin berpromosi.
E-Commerce merupakan salah satu penggunaan teknologi dalam promosi. E-commerce
berkembang sangat pesat saat ini. Karena masyarakat Indonesia untuk saat ini
bisa dikatakan “malas”. Malas disini diartikan mereka bisa membeli apapun hanya
dengan menggunakan gadget seperti handphone, laptop dan lainnya. Berbeda dengan
zaman dahulu, mereka harus pergi ke pasar, mall, restoran untuk membeli apa
yang mereka inginkan. Disini bisadilihat juga perkembangan e-commerce
diindonesia pada grafik dibawah ini
Data tetang jumlah populasi
di Indonesia dan pertumbuhan jumlah pembeli online dari tahun ketahun (2012-2016) data diprediksikan.
Berdasarkan survei dan
perkiraan yang dilakukan oleh association of Indonesia Internet Service
Providers pada july 2012 dia menyimpulkan bahwa e-commerce dan online shop
menjadi salah satu ladang yang bagus dalam 4 tahun mendatang. Sekitar 25$USD
potensi pasar yang bisa didapatkan pada tahun 2016. Sebuah angka potensi pasar
yang cukup menjanjikan dan terbukti pada tahun 2016 ini perkembangan online
shop diindonesia cukup pesat banyak online shop yang berkembang menggunakan
media sosial seperti Instagram, facebook, twitter, dan lain-lain. Mungkin
online shop diindonesia akan terus berkembang kedepannya seiring berkembangnya
teknologi.
Menurut saya, media promosi
seperti website maupun jejaring sosial memang memberikan banyak dampak bagi
masyarakat diindonesia. adapun dampak positif dari perkembangan teknologi dalam
media promosi yaitu seperti :
·
Promosi lebih cepat menyebar.
·
Waktu menjadi lebih efisien.
· Biaya yang digunakan lebih sedikit ketimbang
menggunakan media seperti brosur
Sedangkan dampak negatifnya
dari penggunaan teknologi sebagai media promosi adalah sebagai berikut
·
Terjadinya kesenjangan, akibatnya kuranganya
komunikasi manusia sebagai makhluk sosial
Daftar
Pustaka